SUPPORT ONLINE

TUNAS CLOTHING
KONVEKSI
Email
tunasclothing@gmail.com
Telepon
082111863040
085693800123
081908617029
WhatsApp
082111863040
081908617029
085693800123
Facebook
Tunas Cloth
Twitter
tunasclothing
Alamat
Jl. Perempatan Nain Kaliabang Tengah Bekasi Utara- Jawa Barat
Kota Bekasi, 17125
Jawa Barat - Indonesia
Website
http://tunasclothing.com/

KATEGORI PRODUK

banner_konveksi jersey murah berkualitas bekasi.jpg banner_konveksi murah berkualitas bekasi.jpg banner_konveksi sablon murah berkualitas ok.jpg banner_konveksi kemeja murah berkualitas rapih bekasi.jpg banner_konveksi sablon seragam sekolah murah berkualitas (12).jpg banner_konveksi sablon kaos murah.jpg banner_konveksi di bekasi murah.jpg banner_konveksi topi murah di bekasi.jpg banner_konveksi dan sablon di bekasi.jpg banner_konveksi sablon di bekasi.jpg

EMPAT CARA MENGHALAU KEBANGKRUTAN BISNIS KONVEKSI DAN SABLON

Diposkan pada : 30-07-2020 02:41:31
Empat Cara Menghalau kebangkrutan bisnis konveksi dan sablon_konveksi kaos di bekasi.jpg

Masa sulit dalam bisnis Konveksi dan sablon adalah sumber terbaik bagi energi dan kreativitas

Awal maret 2020 menjadi pukulan terkeras bagi pegiat konveksi dan sablon ketika pandemik covid 19 mulai memunculkan dirinya di Indonesia. Ketakutan akan menurunnya produksi konveksi dan sablon, hingga kacau balaunya cashflow terus menjadi bayangan. Pasalnya, media mainstream terus memberitakan bahwa corona selain mematikan kesehatan manusia juga melumat habis sektor bisnis masyarakat.

Panik. Jelas, psikologi ketakutan ini pula yang pada akhirnya kebentuk disebagian para pegiat konveksi dan sablon. Alih-alih menjaga jarak (social distancing),  imbasnya justru omset bagi pebisnis ini menurun drastis. Bayangkan, jika kita coba menghitung ritme pasar, seharusnya januari hinggal Mei adalah omset terbaik di sektor jasa industri tektil berskala home industry.

Bersyukur, ditengah psikologi ketakutan akan kebangkrutan bisnis konveksi dan sablon justru muncul sisi peluang pasar strategis yang pada akhirnya berhasil membangkitkan semangat para pegiat konveksi dan sablon. Lihat saja, bagaiman masker nonmedis pada akhirnya bisa merajai pasaran hanya dengan hitungan 14 hari. Meski setelah itu, pabrik-pabrik besar berhasil menumbangkan sekian banyak UKM konveksi yang melakukan produksi maskernya. Tak hanya itu, value masker nonmedis pun berakhir dengan kehancuran.

Belajar dari fakta lapangan diatas. Sejatinya, ada beberapa hal bagi pegiat konveksi dan sablon dalam menjaga jarak dari kebangkrutan bisnis. Pertama, pemahaman soal konsep entrepreuner. Dalam buku pengembangan kreativitas dan entrepreunership karya prof Haar Tilaar menjelaskan, bahwa untuk menjadi seorang entrepreuner kuasa modal tak menjadi patokan. Pasalnya, seseorang yang mampu keluar dari situasi darurat atas usaha berpikir kreativitasnya itu lah seorang entrepreuner sejati.

Kedua, mengelola pola pikir terkait bisnis dan dagang. Sederhananya, pegiat konveksi dan sablon dalam menjalani usahanya mesti berpikir kembali terkait arah dan tujuan usahanya. Pasalnya, kita masih cenderung melakukan usaha home industry dengan pola berdagang konvensional. Artinya, pelaku UKM konveksi sablon gagap dalam menghitung cost jasa produksinya dengan detail. Sedangkan dalam laku bisnis, pegiat konveksi sablon mesti bisa menciptakan lapangan kerja, kebutuhan kerja warga, menunjukkan upaya secara efektif untuk menciptakan tatanan pasar yang berkeadilan, dan membangun jaringan yang berlandaskan asas gotong royong.

Ketiga, saving money yang ketat. Persoalan ketiga ini cukup sulit dan belum banyak pegiat konveksi sablon bisa menjalankannya. Cashflow merupakan urat nadi bisnis, jika urat nadi ada yang terputus menjadi salah satu petanda bahwa kita tengah ditepi jurang. Yups, benteng terakhir pegiat konveksi sablon adalah membuat urat nadi “keuangan” internal bisnisnya dapat semua orang yang terlibat dalam alur produksi produknya.

Keempat, pengusaha konveksi dan sablon yang menjajakan visi misi.  “Visi” menjadi penting sebagai ruh bagaimana pegiat konveksi sablon selalu memiliki semangat berkarya dan kreativitas baik ditengah masa sulit dan senang. Sedangkan “misi” merupakan tujuan untuk meraba kemungkinan-kemungkinan peluang yang terus ada didepan. Bukankah kondisi value pasar terus berubah dari tahun ketahun?

Tak ayal, jika beberapa hal diatas bisa dijalankan secara sadar oleh para pegiat konveksi dan sablon maka peluang ambruknya atau bangkrutnya suatu bisnis tak akan terjadi. Seperti apa yang telah dikatakan oleh Barbara Shipka selaku penulis buku “Bisnis Baru dan Kepemimpinan di Era Baru”, Bisnis yang bagus adalah bagaimana melakukan ekspansi pikiran dan hati customer daripada ekspansi geografis. Sehingga dapat menghasilkan bagi dirinya, bagi orang-orang yang ada didalamnya, dan bagi dunia secara umum.

Kaos Sablon Turnamen Futsal Infobank Kaos Perpustakaan Komunitas Jaket viking Cikarang Kemeja kantor PT INFOBANK Topi Kay Studio sweater keren dan modis polo shirt FORWATAN kemeja Kantor Bintaro Kitchen Set Kaos Outing Class MAN 21 Jakarta Jahitan kaos
Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Channel
banner_konveksi bekasi murah berkualitas banget.jpg banner_konveksi salon murah cepat berkualitas bekasi (6).jpg banner_kaos sablon murah berkualitas bekasi.jpg banner_konveksi kaos murah berkualitas rapih bekasi.jpg banner_konveksi di bekasi.jpg banner_konveksi salon murah cepat berkualitas bekasi (1).jpg banner_konveksi sablon di bekasi murah berkualitas.jpg banner_konveksi salon murah cepat berkualitas bekasi (3).jpg banner_konveksi kaos salon murah bekasi.jpg banner_konveksi kaos di bekasi.jpg